September 16, 2021 0 Comments Bisnis

Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Memilih UPS untuk CCTV

Secara spesifik, UPS dapat digunakan untuk kebutuhan CCTV. Secara fungsi UPS untuk CCTV dapat membantu mensuplai listirk sementara ke berbagai peralatan CCTV saat aliran listrik padam dan membantu meminimalisir CCTV mati mendadak dan kehilangan memori rekaman akibat arus yang terputus secara tiba – tiba. Dengan adanya bantuan UPS, kita bisa melihat terlebih dahulu area mana yang harus dijaga saat sebelum CCTV di matikan nantinya.

Perhatikan Hal Berikut Saat Memilih UPS untuk CCTV

Sebelum memhami apa saja yang harus diperhatikan, perlu Anda ingat bahwa fungsi utama dari UPS bukan sebagai cadangan listrik yang dapat dipakai hingga berjam – jam, melainkan hanya membantu memberikan cadangan listrik secara sementara dalam waktu tertentu sampai pengguna dapat menyelesaikan atau mematikan peralatan elektronik secara tepat dan benar.

UPS untuk CCTV ini bisa Anda temukan di pasaran dengan mudah, dengan kapasitas daya yang bermacam – macam. Jika penggunaannya tidak terlalu banyak, UPS dengan kapasitas 2kVA sudah cukup. Setelah mengetahui fungsi dari UPS, saatnya kita mengetahui hal apa saja yang harus diperhatikan saat memilih UPS untuk penggunaan kamera CCTV, yaitu :

Sesuaikan ukuran UPS pada ruangan atau tempat yang nantinya UPS akan diletakkan

Pemakaian UPS diperuntukkan untuk apa, jadi sesuaikan durasi UPS agar saat Anda melakukan backup UPS tidak mati karena kehabisan durasi

  • Pilih UPS yang dapat menyesuaikan tekanan voltas aliran arus listri
  • Pilih UPS denga fitur Simulated sine-wave vs pure sine-wave
  • Jika Anda bingung di maksud diatas, penulis akan memberikan sedikit penjabarannya.

 

Tips Membeli UPS untuk CCTV

Pilih UPS yang memiliki ketagangan voltase yang pas dan sesuai dengan kebutuhan peralatan CCTV Anda, jika UPS yang Anda gunakan tidak hanya untuk CCTV tentunya Anda harus membeli dengan daya yang lebih tinggi.

Patikan UPS yang Anda beli memiliki fitur pengaman voltase, sehingga saat terjadi lonjakan atau penurunan tegangan pada listrik, UPS Anda mampu meminimalisir hal tersebut.

Pilihlah UPS jenis pure sin wave output yang dapat dioperasikan secara online, namun lebih disarankan untuk memilih UPS dengan teknologi true sine wave dengan tujuan untuk memperkecil resiko kerusakan pada perangkat elektronik. Meski harganya sedikit mahal, tapi kualitasnya tinggi dan terjamin kewaetannya.


Share: